Kelurahan Jagalan

Kota Kediri

Lembaga

Lembaga yang ada di kelurahan jagalan ini ada 2 yaitu LPMK dan Karang Taruna

  • LPMK(lembaga pemberdayaan masyarakat kelurahan )
  • Karang Taruna (karang taruna kelurahan Jagalan ini di beri usaha yaitu cuci sepeda motor)
  • Ada koperasi unit desa,koperasi simpan pinjam.
  • RT dan RW

 

Kelompok Usaha Bersama “Cuci Sepeda Motor Karang Taruna” Kelurahan Jagalan

01 300PX

Cuci Sepeda Motor Karang Taruna Kel. Jagalan

Budaya kerja keras, budaya disiplin, dan budaya untuk selalu berkarya positif memang sudah diterapkan oleh pemuda-pemuda Kelurahan Jagalan. Yakni, salah satunya melalui wadah Organisasi Kepemudaan Karang Taruna yang ada di Kelurahan Jagalan. Salah satu program yang ada di organisasi ini yakni Program Kube (Kelompok Usaha Bersama).

Kalau kita berjalan melewati pertigaan antara Jalan Joyoboyo (SMPN 3 Kediri) dan Jalan Patiunus, persis di sudut pertigaan tersebut dapat kita temukan satu kegiatan pemuda yang positif yakni usaha “Cuci Sepeda Motor Karang Taruna Kelurahan Jagalan”.

02 300px

Para Langganan Sedang Antri Cuci Motor

Saat Tim Peliput Informasi dari Kantor Kelurahan Jagalan mendatangi tempat usaha ini, secara kebetulan Ketua Karang Taruna Kelurahan Jagalan berada di tempat ini sambil melakukan aktivitas cuci sepeda motor bersama rekan-rekannya. Mas Slamet Haryono (demikian nama Ketua Karang Taruna Kelurahan Jagalan) menjelaskan bahwa usaha cuci sepeda motor ini adalah salah satu jenis program Kelompok Usaha Bersama Karang Taruna dari hasil keputusan melalui rapat Musrenbang Kelurahan Jagalan untuk dikelola dan dikembangkan Karang Taruna Kelurahan Jagalan yang bersekretariat di Jalan Patiunus No. 69. Tujuan dari usaha ini adalah sebagai salah satu program pengurangan jumlah pengangguran di Kelurahan Jagalan. “Tenaga cuci sepeda motor diambilkan dari anggota karang taruna yang menganggur dan belum mempunyai kegiatan. Terdapat 4 orang pemuda ditempatkan di tempat usaha cuci sepeda motor ini,” jelas Mas Slamet Haryono.

Management financial dari hasil kegiatan cuci sepeda motor ini langsung ditangani oleh Karang Taruna Kelurahan Jagalan. Misalnya untuk biaya operasional kegiatan administrasi Karang Taruna ataupun untuk jenis kegiatan seperti lomba-lomba kepemudaan di wilayah Kelurahan Jagalan.

Tujuan dasar dari usaha cuci sepeda motor Karang Taruna ini sebagai salah satu cara untuk membentuk jiwa pemuda yang mandiri serta mengurangi jumlah tenaga pemuda yang menganggur.

Untuk diketahui, usaha cuci sepeda motor karang taruna Kelurahan Jagalan ini didirikan sejak tahun 2005 dengan nama “Cuci Sepeda Motor Karang Taruna Kelurahan Jagalan” sebagai hasil keputusan dari rapat Musrenbang Kelurahan Jagalan.

“Kelompok Usaha Bersama yang dikelola oleh pemuda-pemuda Kelurahan Jagalan ini mudah-mudahan bisa dicontoh oleh Karang Taruna-Karang Taruna yang lainnya,” harap Mas Slamet Haryono.

Fasilitas cuci sepeda motor yang ada di tempat ini seperti umumnya fasilitas-fasiltas yang ada di tempat cucian sepeda motor lain, seperti mesin pompa air, sabun cuci motor, dan pelaratan yang lainnya.

Kelompok Usaha Bersama Cuci Sepeda Motor Karang Taruna Kelurahan Jagalan ini juga pernah mendapat bantuan peralatan dari Dinsosnaker Pemkot Kediri seperti perlatan semprotan air, dan seperangkat bahan sabun cuci motor.

Untuk langkah ke depannya ada keinginan dari Karang Taruna Kelurahan Jagalan terkait dengan kegiatan cuci sepeda motor yakni ingin mengembangkan di tempat-tempat yang strategis lainnya agar income yang diperoleh tiap harinya bisa dipergunakan untuk membiayai secara mandiri kegiatan-kegiatan atau program-program yang ada di Karang Taruna Kelurahan Jagalan.